ForPURE sebut Pemerintah Lalai Terhadap Nasib Perempuan Indonesia

SHARE:


KABAR NASIONAL - Adanya pandangan kesetaraan gender dinilai ForPURE sebagai dampak Liberalisme.

“Kemiskinan akan mendorong wanita mencari cara untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehingga masuklah wanita-wanita ini ke bursa kerja. Kentalnya liberalisme tampak pada kebolehan melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhan perutnya asal tidak melanggar kebebasan orang lain. Maraklah prostitusi, lelang keperawanan, jualan organ tubuh, dan sebagainya.” Kata direktur Forum Peduli Kesejahteraan Indonesia (forPURE) M. Amin kepada KABAR NASIONAL (15/11).

Ia menjelaskan kemiskinan  telah menggerakkan perempuan, termasuk para ibu bekerja untuk mencari nafkah demi kebutuhan perutnya.

“menurut data lama, dari total populasi 112 juta jumlah pekerja di Indonesia, ada 43 juta pekerja perempuan yang membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Itu artinya, jumlah pekerja perempuan hampir sama besarnya dengan pekerja laki-laki.” Tuturnya.

Sementara itu berbagai kebijakan seperti privatisasi, penghapusan subsidi dan yang lainnya telah menambah beban jam kerja para perempuan, yang mayoritas adalah  ibu-ibu.

“Tak sedikit perempuan pekerja yang harus mematuhi jam kerja overload. Selain beban jam kerja, masih banyak problem yang melingkupi ibu pekerja perempuan ketika berhadapan dengan birokrasi perusahaan tempatnya bekerja, seperti pelecehan seksual di tempat kerja, sulitnya mendapatkan cuti haid dan melahirkan, upah yang rendah dan sebagainya.” Ujarnya.

“Pemerintah bukannya tak menangkap persoalan ini.  Sebab ini adalah persoalan yang sangat mudah diprediksi ketika pemerintah mengadopsi sistem ekonomi liberal.” Kata Amin.

Ia menjelaskan saat menyadari bahwa penyebab utama persoalan yang melingkupi perempuan adalah kemiskinan, maka seharusnya pemerintah mengambil langkah untuk menyelesaikan kemiskinan. Tapi, fakta hari ini tidaklah demikian. Pemerintah tidak sungguh-sungguh dalam menyelesaikan persoalan kemiskinan.

“Akibatnya para ibu terpaksa keluar rumah untuk membantu suami mencari nafkah.  Ada pula ibu yang terpaksa harus mencari nafkah sendiri karena suami atau keluarganya tidak memiliki tanggung jawab bahkan melepaskan tanggung jawab untuk menafkahinya. Mereka terpaksa harus meninggalkan rumah dan anak-anak mereka beratus-ratus kilometer atau bahkan bertahun-tahun untuk sekedar mengejar kebutuhan perut.” Papar dia.

Amin mengungkapkan keterpaksaan ini bukannya diakhiri, tapi malah disokong dengan berbagai regulasi yang ada. Nama pahlawan devisa disematkan pada para TKI dan TKW yang mengadu nasib di rantau orang.

Ia menambahkan program pemberdayaan ekonomi perempuan diluncurkan untuk mendorong perempuan bekerja. Ini berarti kebijakan pemerintah justru menfasilitasi untuk bekerja dan menghasilkan uang sendiri.
“Jika ini yang terjadi, regulasi pemerintah tak akan pernah mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi para ibu. Karena memang solusinya tak pernah menyentuh akar persoalan.” Pungkasnya. (rin)

COMMENTS

Nama

Artis,1,Berita,390,Buruh,1,Daerah,19,Demonstrasi,1,Ekonomi,3,Hukum,7,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,357,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,26,Palestina,2,Pembangunan,1,perppu,1,Perppu Ormas,12,Politik,3,Polling,1,Publik Figur,1,SDA,5,Serba-serbi,3,Sosial,3,Suara Netizen,1,Suara Pakar,4,Taksi Online,1,Video,7,Waskita,1,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: ForPURE sebut Pemerintah Lalai Terhadap Nasib Perempuan Indonesia
ForPURE sebut Pemerintah Lalai Terhadap Nasib Perempuan Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-nzRZVJMypHc/WgvI7kHqEvI/AAAAAAAAB5I/OqG2u-Mo1zgK7ELduOCFtWwn6om0Wzr8ACLcBGAs/s640/IMG-20170930-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nzRZVJMypHc/WgvI7kHqEvI/AAAAAAAAB5I/OqG2u-Mo1zgK7ELduOCFtWwn6om0Wzr8ACLcBGAs/s72-c/IMG-20170930-WA0002.jpg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/11/forpure-sebut-pemerintah-lalai-terhadap.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/11/forpure-sebut-pemerintah-lalai-terhadap.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy