Peristiwa First Travel, Pengamat: Buah Sembrono Mengelola Haji dan Umroh

SHARE:



KABARNASIONAL - Impian menunaikan Haji dan Umroh bagi umat Islam di Indonesia begitu tinggi. Travel penyelenggara pun menawarkan dengan beragam fasilitas dan pembiayaan murah. Siapa sangka, biaya murah mirip Frist Travel membawa duka bagi jamaah yang gagal berangkat. Keikhlasan jamaah dalam menunaikan ibadah harus dibayar dengan kesembronoan pengelolaan uang jamaah. Niatnya ibadah malah berbuah marah-marah karena merasa dibohongi dan ditipu.

Praktisi hukum dari Indonesia Justice Monitor (IJM), Hisyam mengatakan umroh dengan biaya sangat murah itu perlu dipertanyakan.

“Travel-travel umroh yang setoran dananya dari jamaah sangat murah menjadi tanda tanya, karena secara hitungan biaya operasional tidak cukup alias kurang,”ungkap Hisyam saat dihubungi kabarnasional.info pada Selasa (15/08/2017).

Ditengarai pembiayaan murah tersebut menggunakan skema Ponzi. Minimal biaya pemberangkatan umroh itu Rp 18 juta. Jika kurang dari itu biasanya menggunakan setoran dana dari jamaah lain.

Hisyam yang juga bergelut dengan dunia hukum dan advokasi menjelaskan bahwa skema Ponzi menampilkan para sponsor hidup bergelimang harta dan bergaya seperti selebritis. Bukan sponsor saja yang tampil wah, tapi juga para kapten (leaders) juga berpenambilan wah dan mewah. Agar ilusi yang dijualnya kepada calon target dapat melekat di benak bahwa tidak sulit menjadi kaya " Kalau kami bisa, anda juga bisa. Bergabunglah bersama kami”.

“Apalagi pelaksana program ponzi itu selalu nampak agamais dan tak pernah berhenti bicara tentang moral agama.  Lebih gila lagi, ada juga ritual agama dijadikan lahan bisnis ponzi, seperti perjalanan Umroh harga murah, investasi emas syariah, investasi plus sedekah, dan lain lain. Semua itu hanya cerita produk tapi sesunggunya bukan itu yang dijual tapi putaran uangnya yang jadi sasaran,”kritik Hisyam.

Di Indonesia bisnis ponzi dasar hukumnya lemah, karena deliknya aduan. Jika masuk ke perdata juga sulit dimenangkan, karena selalu ada kontrak antara penyelenggara dan anggota. Walau para leaders tidak pernah bicara tentang resiko, namun dalam kontrak biasanya jelas bahwa penyelenggaran tidak bertanggung jawab atas rugi dan sifatnya adalah kerjasama. Sama sama untung atau sama sama rugi.Biasanya OJK baru akan bertindak apabila sudah terjaring banyak members dan biasanya setelah OJK bertindak korban akan terkapar tanpa dapat perlindungan ganti rugi. Sementara pelakunya hanya di kenakan hukum pidana penipuan.

“Tetap hati-hati dan wapada khususnya bagi masyrakat Indonesia. Pahami dahulu mekanismenya dan jangan mudah tertipu dengan iklan manisnya. Tetap harus menata niat bahwa semua demi menjalankan ketaatan kepada Allah. Bagi travel ibadah Haji dan Umroh, jangan sekadar mengejar kepentingan untung dan bisnis. Bisa-bisa tidak ada berkah dalam hidup,”pungkasnya[].

COMMENTS

Nama

Berita,362,Daerah,19,Ekonomi,3,Hukum,6,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,329,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,22,perppu,1,Perppu Ormas,10,Polling,1,SDA,4,Serba-serbi,3,Sosial,2,Suara Netizen,1,Suara Pakar,3,Video,7,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: Peristiwa First Travel, Pengamat: Buah Sembrono Mengelola Haji dan Umroh
Peristiwa First Travel, Pengamat: Buah Sembrono Mengelola Haji dan Umroh
https://4.bp.blogspot.com/-peHLV-RRtF8/WZMIEQ2Y1GI/AAAAAAAABJU/uhuBpWobBH0piFyLl5Ov-VYLIMpNG0PvwCLcBGAs/s640/hisyam%2Byanis.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-peHLV-RRtF8/WZMIEQ2Y1GI/AAAAAAAABJU/uhuBpWobBH0piFyLl5Ov-VYLIMpNG0PvwCLcBGAs/s72-c/hisyam%2Byanis.jpg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/08/peristiwa-first-travel-pengamat-buah_15.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/08/peristiwa-first-travel-pengamat-buah_15.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy