Lapangan Kerja Langka, Praktisi Buruh: Pemerintah Sekarang Hanya Jadi Regulator Ketenagakerjaan saja

SHARE:



KABAR NASIONAL - Setelah melakukan perjalanan keliling indonesia Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo saat Rapat Tahunan MPR di Kompleks Parlemen,Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Zulkifli mengatakan Banyak masyarakat yang memuji pemerintahan Jokowi-JK tapi masih ada juga yang mengeluhkan soal kondisi minimnya lapangan kerja.

"Sebagai pimpinan MPR, rakyat Indonesia banyak memuji dan berterima kasih atas kepemimpinan Presiden Jokowi dan Pak Jusuf Kalla. Namun demikian, kami juga sampaikan keluhan masyarakat dalam kesempatan kerja dan penurunan daya beli," tutur Zulkifli.

Praktisi Buruh, Suro Kunto menyampaikan bahwa masalah kelangkaan lapangan pekerjaan adalah imbas timpangnya jumlah tenaga kerja dan lapangan usaha.

“Kelangkaan lapangan pekerjaan adalah masalah kita hari ini. Ini bisa terjadi ketika muncul ketidakseimbangan antara jumlah calon buruh yang banyak, sedangkan lapangan usaha relatif sedikit; atau banyaknya lapangan kerja, tapi kualitas tenaga kerja buruh yang ada tidak sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan,” Kata Suro (20/8).

Suro mengatakan problem kelangkaan lapangan kerja ini memunculkan angka tingkat pengangguran yang tinggi yang dapat berakibat pada aspek sosial yang lebih luas.

“Bisa jadi karena faktor investasi usaha rendah karena problem regulasi yang dianggap mempersulit investor, tingkat KKN pejabat yang tinggi, atau karena problem sosial dan sekuritas usaha.”  Kata Suro.

Suro mengatakan kurangnya peran pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM dan sikap enterpreneurship masyarakat menjadi faktor berikutnya. Juga, karena minimnya dukungan pemerintahan dalam membantu usaha pribadi/wiraswata bagi masyarakat.

“Peran permodalan, pelatihan pembukaan pasar, kemudahan izin usaha, penghapusan berbagai jenis pajak, perlindungan keamanan, dan lain-lain perlu ditunjang oleh pemerintah.” Ujarnya.

Suro menambahkan tentang bahaya penguasaan modal dan sumber daya alam pada segelintir orang yang menyebabkan usaha rakyat kecil/warga bermodal kecil tidak mampu bersaing dan pada akhirnya tidak menumbuhkan usaha kecil dalam jumlah banyak misalnya, usaha mie instan, produk makanan, ternak unggas dan pakannya, monopoli jalur distribusi, dan lain-lain yang menjadi hambatan masa kini.

“Pemerintah seharusnya berfungsi sebagai pembuka dan penyedia lapangan kerja bagi rakyatnya, tetapi tampaknya sekarang hanya berfungsi sebagai regulator ketenagakerjaan. Padahal, banyak lahan usaha padat karya yang bisa dikelola oleh pemerintah guna menutupi kelangkaan lahan usaha.” Imbuhnya. (del)

COMMENTS

Nama

Berita,362,Daerah,19,Ekonomi,3,Hukum,6,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,329,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,22,perppu,1,Perppu Ormas,10,Polling,1,SDA,4,Serba-serbi,3,Sosial,2,Suara Netizen,1,Suara Pakar,3,Video,7,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: Lapangan Kerja Langka, Praktisi Buruh: Pemerintah Sekarang Hanya Jadi Regulator Ketenagakerjaan saja
Lapangan Kerja Langka, Praktisi Buruh: Pemerintah Sekarang Hanya Jadi Regulator Ketenagakerjaan saja
https://1.bp.blogspot.com/-28rDxwci8iw/WZpbeiwup4I/AAAAAAAABMI/muYmvNWCzagQIpHUgkf73DIyfnITnb_uwCLcBGAs/s640/SURO%2BKUNTO.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-28rDxwci8iw/WZpbeiwup4I/AAAAAAAABMI/muYmvNWCzagQIpHUgkf73DIyfnITnb_uwCLcBGAs/s72-c/SURO%2BKUNTO.jpg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/08/lapangan-kerja-langka-praktisi-buruh_20.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/08/lapangan-kerja-langka-praktisi-buruh_20.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy