Soal Dana Pramuka yang Ditunda, Pakar: Masak Pramuka yang Dihukum?

SHARE:




KABARNASIONAL.INFO, JAKARTA - Pakar Hukum, Politik, dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan Bandung, Prof. Asep Warlan Yusuf, menilai pemerintah tidak bisa hanya dengan berlandaskan SK Pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan mudah menunda pencairan anggaran Pramuka. Ini merupakan tindakan sepihak dan kesewenang-wenangan.

"Masak Adhyaksa Dault yang bermasalah, Pramuka yang dihukum dengan tidak diberikan anggaran, kan tidak proporsional sekali. Tindakan ini memang agak berlebihan," tutur Asep, Selasa (25/7).

Apalagi, Asep melanjutkan, apa yang dialami Adhyaksa itu, yakni kehadirannya pada acara HTI, terjadi pada 2013. Penerapan hukum, dia menyatakan, tidak berlaku surut. Karena itu, tindakan pemerintah yang menuduh Adhyaksa mendukung HTI dan membekukan anggaran Pramuka itu tidak dapat dibenarkan. "Itu sudah membabi-buta, dengan Perppu itu segalanya bisa dilakukan," kata dia.

Asep menyatakan penerapan Perppu Ormas tidak melalui proses-proses yang lebih mengedepankan check and recheck. "Tidak mengedepankan aturan-aturannya, tidak mengedepankan dialog. Kan jadi mengerikan dengan perppu ini," ujar dia.

Menurut Asep, pemerintah tidak bisa melakukan tindakan secara sepihak setelah membubarkan HTI melalui SK yang didasarkan pada Perppu Ormas. Dia juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara hukum dan negara demokrasi.

"Yang mengedepankan musyawarah dan substansi yang lebih dapat dipelajari dan dikaji oleh masyarakat juga, tidak hanya sepihak pemerintah," kata dia.

Asep menambahkan pemerintah pun juga harus menunggu respons dari DPR. Sebab, DPR belum memberikan sikap apakah menyetujui atau menolak Perppu Ormas itu. Selain DPR, pemerintah juga harus menunggu proses gugatan Perppu Ormas di MK. "Supaya jangan banyak korban dari tindakan yang semena-mena ini," ujar dia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengumumkan pemerintah membekukan bantuan pendanaan kegiatan kepanduan Pramuka. Kegiataan pendidikan nasional nonformal tersebut dicoret sebagai salah satu organisasi kepemudaan yang menerima bantuan dari anggaran negara.

Imam mengatakan pembekuan bantuan dana Pramuka tersebut terkait dengan peran Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault. Ia mengatakan Adhyaksa , terbukti pernah terlibat dalam HTI.

Imam mengatakan, penghentian pendanaan Pramuka tersebut akan tetap dilakukan sampai adanya klarifikasi dari Adhyaksa soal keterlibatan dengan HTI. [re]

COMMENTS

Nama

Berita,384,Buruh,1,Daerah,19,Ekonomi,3,Hukum,6,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,354,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,26,perppu,1,Perppu Ormas,12,Politik,3,Polling,1,SDA,5,Serba-serbi,3,Sosial,3,Suara Netizen,1,Suara Pakar,4,Video,7,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: Soal Dana Pramuka yang Ditunda, Pakar: Masak Pramuka yang Dihukum?
Soal Dana Pramuka yang Ditunda, Pakar: Masak Pramuka yang Dihukum?
https://3.bp.blogspot.com/-gklJbH_jOIE/WXdcT9Hwz4I/AAAAAAAAA4k/Thn3tJ47pRYcaTDXc11NiIitNeLxyG1dACLcBGAs/s640/asep%2Bwarlan%2Byusuf.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-gklJbH_jOIE/WXdcT9Hwz4I/AAAAAAAAA4k/Thn3tJ47pRYcaTDXc11NiIitNeLxyG1dACLcBGAs/s72-c/asep%2Bwarlan%2Byusuf.jpg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/07/soal-dana-pramuka-yang-ditunda-pakar_51.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/07/soal-dana-pramuka-yang-ditunda-pakar_51.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy