Wawancara Kenaikan Harga BBM, Direktur FORKEI: Ini Akibat Dominasi Asing

SHARE:

Firdaus Direktur FORKEI

KABARNASIONAL, - Sudah kesekian kali PT Pertamina (persero) menaikkan harga BBM dengan alasan yang sama, yaitu kenaikan harga minyak dunia. Jika ini memang menjadi alasan utama harusnya ketika harga minya dunia turun beberapa bulan yang lalu, harga BBM harusnya juga turun. Namun kenyataannya tidak. Apa penyebabnya? Dampak kenaikan BBM ? Temukan jawabannya dalam wawancara wartawan kabarnasional.info dengan Firdaus. Direktur Forum Kajian Kebijakan Energi Indonesia (FORKEI) . Berikut petikannya :

Saat pemerintah menaikan BBM bulan juli 2017, Apa pendapat Anda?
Beberapa bulan kedepan, bahkan mungkin tahunan, rakyat akan menanggung dampak kebijakan kenaikan harga BBM tersebut. Segera setelah kenaikan harga BBM, rakyat langsung diperhadapkan dengan kenaikan tarif, kadang bahasanya diperhalus “penyesuaian” harga terutama kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

Dampak lainnya ?
Dampak lain yang tak kalah mengancam kehidupan rakyat adalah kenaikan harga barang dan jasa Terutama kenaikan harga sembako. Ini harus menjadi perhatian utama karena dua hal. Satu, ke depan kita akan berhadapan dengan momentum kenaikan harga kebutuhan pokok karena dampak dari kenaikan BBM, dan momen tahun ajaran baru untuk anak sekolah. Dua, sejak beberapa tahun terakhir ini diperburuk oleh kenyataan bahwa sebagian besar kebutuhan pangan kita didapatkan melalui impor.

Alasan pemerintah menyesuaikan harga BBM, demi APBN agar target range inflasi di 2017 antara 3-5 persen ?
Bukankah kenaikan ini menyebabkan inflasi dinegara kita? Bahkan jika tahun ini dinaikkan  5 % akan menyebabkan inflasi lebih dari 7% , apa tidak ada cara lebih efektif selain  menaikkan BBM ?
Alasan klasik dipakai untuk pembenaran, faktanya sekarang malah tikus-tikus berdasilah yang menikmatinya, dan rakyat terkena imbasnya. Banyak uang negara dikorupsi mulai pejabat pusat hingga daerah, kenapa tidak dikejar agar uangnya bisa balik dan untuk memperbaiki performance APBN.

Kenaikan BBM demi APBN juga demi rakyat ?
saya rasa kurang bijaksana , karena kenaikan ini harus didasari kejelasan yang logis, bukan hanya untuk APBN Negara atau subsidi yang beriming-imingkan demi kemakmuran masyarakat  dan kestabilitas ekonomi, karena sampai sekarang masih belum jelas dan koruptor  Negara makin merajarela.

Apa akar solusinya ?
Selain dampak-dampak yang dipicu oleh kenaikan harga BBM di atas, Pekerjaan Rumah (PR) besar adalah terkait politik energi nasional untuk menciptakan kedaulatan energi. Maksudnya, persoalan kenaikan BBM saat ini tidak akan ada ujung bila tidak ada perubahan politik pengelolaan energi kita yang hingga saat ini masih amburadul dan merugikan bangsa.


Lalu, bagaimana menyikapinya ?
Pertama : Mengakhiri dominasi asing dalam penguasaan kekayaan energi nasional, seperti minyak, gas, dan batubara, baik mengembalikan peran negara maupun renegosiasi. Jalan terbaik adalah peran negara untuk mengelola energi nasional harus kembali dominan. Negara sebagai penentu kebijakan dalam politik energi, sehingga seluruh sumber-sumber energi adalah barang publik yang berarti milik publik atau masyarakat.

Kedua : merevitalisasi perusahaan minyak dan gas negara, dalam hal ini Pertamina, supaya bisa memaksimalkan pengelolaan SDA yang sejalan dengan kepentingan negara dan berkorelasi dengan kemakmuran rakyat. Tentu saja, ini dilakukan dengan memperbaiki manajemen Pertamina, memberantas korupsi dan praktek broker/insider trading, dan penguatan kapasitas produktif pertamina.

Ketiga : mendorong pembangunan kilang-kilang minyak yang baru untuk menghasilkan BBM bagi kebutuhan dalam negeri, manfaatnya yang bisa didapat: tidak lagi mengekspor minyak mentah keluar dan kemudian membeli kembali dengan harga yang lebih tinggi. Minyak mentah itu bisa diolah di kilang-kilang baru tersebut. Selanjutnya tidak perlu mengimpor BBM lagi, tetapi cukup membeli minyak mentah. Tentu langkah ini lebih hemat ketimbang mengimpor BBM. [yk]


COMMENTS

Nama

Berita,384,Buruh,1,Daerah,19,Ekonomi,3,Hukum,6,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,354,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,26,perppu,1,Perppu Ormas,12,Politik,3,Polling,1,SDA,5,Serba-serbi,3,Sosial,3,Suara Netizen,1,Suara Pakar,4,Video,7,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: Wawancara Kenaikan Harga BBM, Direktur FORKEI: Ini Akibat Dominasi Asing
Wawancara Kenaikan Harga BBM, Direktur FORKEI: Ini Akibat Dominasi Asing
https://1.bp.blogspot.com/-IuVLivFrSrw/WUNOQyTjjXI/AAAAAAAAAYI/2VJRKrmvhFcsAUWgt8PCY6OvYnN5oUr8ACLcBGAs/s640/Firdaus%2BDirektur%2BForkei%252C%2BKabarNasional.info.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-IuVLivFrSrw/WUNOQyTjjXI/AAAAAAAAAYI/2VJRKrmvhFcsAUWgt8PCY6OvYnN5oUr8ACLcBGAs/s72-c/Firdaus%2BDirektur%2BForkei%252C%2BKabarNasional.info.jpeg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/06/wawancara-kenaikan-harga-bbm-direktur_13.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/06/wawancara-kenaikan-harga-bbm-direktur_13.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy