Pancasila Bisa Senasib dengan P4 Era Orde Baru

SHARE:

Dewan Pengarah UKP-PIP


KABARNASIONAL, JAKARTA - peneliti Institute For Strategic and Development Studies (ISDS), M. Aminudin menilai Unit Kerja Pembina (UKP) Pancasila yang dibentuk Presiden Joko WIdodo (Jokowi) bisa bernasib seperti Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) yang dibentuk penguasa Orde Baru (Orba), Soeharto. Kala itu Soeharto membentuk P4 namun dalam pelaksanaannya P4 tersebut hanya untuk hiasan bibir atau lipstik saja.

"Tanpa keteladanan pemimpin nasional nasib UKP Pancasila hanya akan bernasib seperti P4 lebih banyak untuk lipstik dibibir aja," 
kata Aminudin di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Menurut Aminudin, UKP Pancasila bisa bernasib seperti P4 jika penguasa yang mencetuskan UKP Pancasila memberi contoh buruk seperti penyalahgunaan kekuasaan. Selain itu penguasa juga gagal untuk wujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat yang tercantum dalam Pancasila. Oleh karenanya UKP Pancasila harus bekerja keras menyenpurnakan gaya P4 yang agak dogmatis.

Sementara itu pengamat politik Network for South East Asian Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap mengatakan, UKP Pancasila  secara kelembagaan tidak akan efektif melaksanakan fungsi-fungsinya. Alasannya, UKP Pancasila bukan produk UU yang dibutuhkan rakyat melalui proses demokrasi di DPR.

Lebih lanjut Muchtar mengatakan, keberadaan UKP Pancasila juga takkan mendapat legitimasi politik dari publik karena datangnya bukan rakyat melalui DPR atau MPR. Oleh karenanya pembentukan UKP Pancasila hanya untuk membangun citra di publik bahwa rezim Jokowi benar-benar melaksanakan secara konsisten dan konsekuen Pancasila dalam bernegara dan berbangsa.

"Rekruitmen personil jugq lebih pada kepentingan politik rezim kekuasaan. Itulah mungkin mengapa Din Samsudin tidak mau ikut di dalamnya. Sehingga nanti UKP Pancasila yang ada cuma kantor, tapi tak bermanfaat bagi rakyat. Ya, sekedar ada jabatan resmi," 
paparnya.

Prioritas

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan, pembentukan tim UKP Pancasila harus diberdayakan untuk membumikan kembali Pancasila dan menanamkan nilai-nilainya kepada masyarakat. Mereka juga harus memiliki poin prioritas agar efektif dalam bekerja serta efisien.
"Jadi poin prioritasnya yang harus jadi target itu ya kelompok yang selama ini jauh dari Pancasila,”
ujar Maruarar.

Pembentukan tim ini jelas Maruar tepat  di tengah kondisi masyarakat yang mulai terpecah dan tidak lagi mengamalkan nilai Pancasila.
"Saya pikir ini langkah yang tepat mengingat situasinya saat ini. Tokoh-tokoh di dalamnya diharapkan bisa betul-betul menjalankan tugasnya,"
 ungkapnya.

Sementara, menurut Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Partai Golkar, Yorrys Raweyai, pembentukan UKP Pancasila sangat baik untuk mengembalikan lagi marwah Pancasila ke tengah rakyat.

"Saya pikir idenya adalah tim ini hanya untuk stimulator saja supaya tokoh-tokoh yang ada di dalamnya itu bisa menggerakan gerakan ini dan menyebarkannya ke berbagai kalangan,"
 kata Yorrys.[ht]

COMMENTS

Nama

Berita,387,Buruh,1,Daerah,19,Ekonomi,3,Hukum,7,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,355,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,26,Palestina,2,perppu,1,Perppu Ormas,12,Politik,3,Polling,1,SDA,5,Serba-serbi,3,Sosial,3,Suara Netizen,1,Suara Pakar,4,Video,7,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: Pancasila Bisa Senasib dengan P4 Era Orde Baru
Pancasila Bisa Senasib dengan P4 Era Orde Baru
https://2.bp.blogspot.com/-CJG_dvMrjCk/WTtxidjzeHI/AAAAAAAAAQ4/EP7ysGaPX7IkCvcPJ62sdobH4pF399yhQCLcB/s640/pengarah-pancasila.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-CJG_dvMrjCk/WTtxidjzeHI/AAAAAAAAAQ4/EP7ysGaPX7IkCvcPJ62sdobH4pF399yhQCLcB/s72-c/pengarah-pancasila.jpg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/06/pancasila-bisa-senasib-dengan-p4-era_9.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/06/pancasila-bisa-senasib-dengan-p4-era_9.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy