Bubarkan Ormas Anti Pancasila Butuh Rp 5 M, MPR : Kayak Proyek Saja

SHARE:

Hidayat Nur wahid wakil ketua MPR RI

KABARNASIONAL, JAKARTA, Seperti diungkapkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto - membutuhkan dana Rp 5 M untuk pembubaran ormas yang tidak sejalan dengan Pancasila. Besarnya anggaran itupun mengundang kritik dari senayan.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nurwahid, menilai aneh keinginan pemerintah dengan anggaran sebesar itu, karena terkesan seperti proyek.

"Menurut saya agak aneh ya. Kesannya kayak ada proyek untuk pembubaran, dan kemudian karenanya ada produk baru, kemudian dibutuhkan anggaran,"
 kata Hidayat di Senayan, Jumat 9 Juni 2017.

Alih-alih pembubaran tersebut, Hidayat menilai Kemenkopolhukam sebaiknya fokus pada pembinaan ormas-ormas, yang disinyalir bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Bukan langsung membubarkan.

"Sejak dari awal itu (pembinaan) harus ada anggarannya, pemerintah melakukan pembinaan-pembinaan terhadap ormas. Itu harusnya sudah masuk sejak dari awal, bukan orientasinya untuk membubarkan,"
 ujarnya.

Menurut Hidayat, keinginan dana Rp5 miliar untuk pembubaran itu terkesan seperti pemerintah tidak memiliki sikap tegas. Pemerintah menurutnya seperti tidak pernah melakukan pembinaan.

"Pemerintah kayak tergagap-gagap gitu. Kemarin tidak melakukan peran pembinaan. Kemudian sekarang tiba-tiba akan melakukan pembubaran dan baru anggarannya dimunculkan sekarang. Ini akan tidak positif ya di masyarakat, karena jadi kesannya pembubaran itu proyek yang ada anggarannya," 
katanya.

Ratusan Ormas

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyampaikan, dana Rp5 miliar tersebut untuk sosialisasi, rapat dan perjalanan dinas.
"Kita bukan membiayai ormasnya, tetapi pembubaran-pembubaran itu,"
 kata Wiranto usai rapat dengan Banggar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 8 Juni 2017.

Wiranto menjelaskan saat ini ada ratusan ormas di Indonesia. Jumlah itu bisa saja bertambah pada tahun depan. Dana itu menurutnya untuk mengantisipasi pembubaran ormas selain Hizbut Tahrir yang tidak sejalan dengan Pancasila. (vc)

COMMENTS

Nama

Berita,362,Daerah,19,Ekonomi,3,Hukum,6,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,329,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,22,perppu,1,Perppu Ormas,10,Polling,1,SDA,4,Serba-serbi,3,Sosial,2,Suara Netizen,1,Suara Pakar,3,Video,7,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: Bubarkan Ormas Anti Pancasila Butuh Rp 5 M, MPR : Kayak Proyek Saja
Bubarkan Ormas Anti Pancasila Butuh Rp 5 M, MPR : Kayak Proyek Saja
https://1.bp.blogspot.com/-oV2lYc_nLzA/WT89t_CwxYI/AAAAAAAAASo/MfvIM2zXRZU2M203eQ_BHw40ds3KN5vQACLcB/s640/hidayat%2Bnur%2Bwahid%2Bwakil%2BMPR.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oV2lYc_nLzA/WT89t_CwxYI/AAAAAAAAASo/MfvIM2zXRZU2M203eQ_BHw40ds3KN5vQACLcB/s72-c/hidayat%2Bnur%2Bwahid%2Bwakil%2BMPR.jpg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/06/bubarkan-ormas-anti-pancasila-butuh-rp_10.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/06/bubarkan-ormas-anti-pancasila-butuh-rp_10.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy