Ada yang Bilang Tarif Listrik Naik, Dirut PLN: Itu Fitnah

SHARE:

Sofyan Basir


KABARNASIONAL, JAKARTA - Direktur PT PLN (Persero) Sofyan Basir kembali angkat bicara soal isu kenaikan harga Tarif Dasar Listrik (TDL) yang ramai di media sosial. Sofyan menegaskan bahwa iyu tidaklah benar.


"Saya betul-betul sampai hari ini tidak paham dan tidak mengerti mengapa semua pihak mengatakan TDL naik. Padahal kami tidak pernah menaikkan. Jadi menurut saya hanya isu, mohon maaf, lebih ke arah mendiskreditkan, fitnah, baik untuk PLN maupun pemerintah," ungkap Sofyan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/6/2017)

Sofyan menjelaskan, keputusan naik atau turunnya TDL harus melalui izin dari Dewan Pewakilan Rakyat (DPR). Bukan merupakan kebijakan sepihak dari pemerintah atau PLN. Kesepakatan antara pemerintah dan DPR yang dicapai tahun lalu adalah pencabutan subsidi untuk kelompok yang dianggap mampu.

"Karena memang fakta mengatakan yang 900 VA ini mereka mampu tapi subsidinya lebih besar dari orang miskin yang 450 VA," jelasnya.

Biasanya dimanfaatkan oleh sekelompok masyarakat yang menjadi rumahnya sebagai tempat kos-kosan, kontrakan atau sejenisnya. Menurut Sofyan, hal itu tidak adil, apalagi bila dibandingkan dengan banyak masyarakat yang belum mendapatkan listrik sama sekali.

"Yang 900 VA yang harusnya tidak disubsidi. Kan mahal. Jadi lebih besar, negara memberikan kepada yang 900 watt. Padahal dia tidak layak untuk mendapatkan subsidi," papar Sofyan.

Sofyan menjelaskan, sekarang penerima subsidi kelompok 450 VA adalah 21 juta pelanggan dari yang sebelumnya 15,5 juta pelanggan. Kemudian yang 900 watt turun jadi 4 juta pelanggan dari yang sebelumnya 22 juta pelanggan. Hal ini mengacu pada data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Ada kriteria yang dilaksanakan oleh TNP2K. Karena masalah rumah, keluarga, pendapatan berapa, itu semua sesuai ketentuan pemerintah," imbuhnya.

Bila kemudian masyarakat merasa masih layak mendapatkan subsidi, namun dicabut maka bisa mengajukan diri untuk diverifikasi ulang. Sofyan mengatakan seluruhnya ada proses.

"Boleh, ajukan ke kelurahan setempat, minta kartu miskin, lalu dimasukkan ke kecamatan, dari kecamatan naik ke TNP2K nanti tiap bulan direkonsiliasi ke PLN. Kan enaknya PLN itu nomor pelanggan, nama ada semua, by name by address," tandasnya. (mkj)


Berikan Komentar Anda.

COMMENTS

Nama

Berita,362,Daerah,19,Ekonomi,3,Hukum,6,Internasional,11,Keluarga,1,Nasional,329,Opini,15,Opini Anda,1,Opini Pakar,22,perppu,1,Perppu Ormas,10,Polling,1,SDA,4,Serba-serbi,3,Sosial,2,Suara Netizen,1,Suara Pakar,3,Video,7,Wawancara,1,
ltr
item
Kabar Nasional - Portal Berita Independen: Ada yang Bilang Tarif Listrik Naik, Dirut PLN: Itu Fitnah
Ada yang Bilang Tarif Listrik Naik, Dirut PLN: Itu Fitnah
https://4.bp.blogspot.com/-EDZaQBeMa20/WUHoE6w-A5I/AAAAAAAAAXM/qqOyG5Y7hPc6Y1AlYns11zr6_VUyx1_SwCLcBGAs/s640/dirut%2BPLN%252C%2BSofyan%2Bbasri.%2Bkabarnasional.info.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-EDZaQBeMa20/WUHoE6w-A5I/AAAAAAAAAXM/qqOyG5Y7hPc6Y1AlYns11zr6_VUyx1_SwCLcBGAs/s72-c/dirut%2BPLN%252C%2BSofyan%2Bbasri.%2Bkabarnasional.info.jpg
Kabar Nasional - Portal Berita Independen
http://www.kabarnasional.com/2017/06/ada-yang-bilang-tarif-listrik-naik_14.html
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/
http://www.kabarnasional.com/2017/06/ada-yang-bilang-tarif-listrik-naik_14.html
true
1475393274983693696
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy